Pengikut

Sabtu, 04 November 2017

Apa yang bermasalah? aki,kiprok ,spull ,aksesoris kelistrikan ?

hai autoners, apa kabar ? semoga sehat selalu ya ,.
 pada kesempatan ini saya akan membahas tentang error kelistrikan pada motor,khusus nya bagi yang sudah di modifikasi sistem kelistrikan nya menjadi full wave .sebelum itu mari kita cari tau apa sih full wave itu ? buat apa sih di full wave dan apa guna nya ? semua akan kita bahas satu persatu .oke cekidoottt!!!!!

fullwave adalah menggunakan seluruh kemampuan generator (kl di motor stator alias spul sama magnet alias rotor), untuk menangani seluruh beban kelistrikan di kendaraan melalui bantuan regulator/rectifier alias kiprok dan aki.

dengan sistem pengisian/tenaga listrik fullwave ini, pengisian akan dilakukan terus menerus tiap putaran mesin. 
 oke lanjut !!!
kalo udah diubah fullwave, maka tinggal convert semua beban lampu yg AC menjadi DC. pas kontak on, lampu iangsung nyala tanpa mesin di nyalakan

yang paling kerasa kalo sudah fullwave lampu mateng terang benderang umur refrektor pun lebih awet menurut pengalaman saya sendiri
kelebihan kalo sudah fullwave akan terasa bensin lebih irit tenaga lebih responsif ini karena kelistrikan yang di supply ke cdi dan koil menjadi stabil, karena menggunakan arus dc yang di ambil dari aki .terasa bangert di putaran bawah . kalo putaran atas sih sama aja yang saya rasakan . 

sekilan lama di pakai kurang lebih 2 tahun  saya mengalami masalah pada kelistrikan apa itu >? Arus DROPP  terpantau 8.5volt pada alat volt meter yang saya pasang di mx saya . cek permasalahan nya :

  1. aki sehat di caplok ke motor laen di coba ganti pinjem sana sini alhasil normal 
  2. kiprok bikin curiga , saya menggunakan si kiprok kondang buat fullwave pake kiprok tiger  di cek anget panas , normal aja . akhirnya saya beli kiprok vxion lama kode 3ci sesudah di pasang ... tadaaa...... masih sama aja di pantau di volt meter..... 8.5v ga naek naek .. males x  yah hahaha...   akhir nya tu kiprok tiger saya pasang ke mx tetangga penasaran bin sodakoh .. ehh normal si kiprok tiger..... kesimpulan bukan dari kiprok ... oke next
  3. spull , perlu di ketahui jantung nya kelistrikanmotor adalah spull ...spull adalah generator listrik motor ,tanpa spull motor kamu sesehat apa pun ga akan bisa jalan ..(kecuali total loss nanti kita akan bahas lagi )  nah kecurigaan saya ini setelah di cek di bagian generatator spull ada 3 kable khusus yamaha mx ada kabel warna kuning ,hitam dan warna putih saya cek semua .dengan cara di sentuhhkan ke masa atau bodi motor jika ada percikan selamat masi ada listrik tinggal liat percikan nya gede atau kecil kalo gede ya normal kalo kecil kudu dicek sapa taua ada yang nyangkut hehehe.. untuk hasil nya cekidot !!!
  • kuning ...treeeeekkkk..... berhasil
  • putih  ...treeeeekkkk..... berhasil
  • hitam ...treeeeekkkk..... berhasil
  lantas apa penyebab nya wong sehat semua ...   akhirnya ga nyerah juga ... buka blok spull  ngarep dalem ati  di bersihun si spull semoga sehat kembali ya allah ..... saya kubek kubek tuh spull di cuci pake tiner sama finshing pakai bensin se kinclong kincong nya  ... beres ... lalu pasang dan .... tadaaaaa.................  masih sama aja ga ngisi ter pantau 8.3v di gasss berharap perasaan tenang ehhh.. sama aja  gada perubahan ......akhirnya dengan sebanyak pergumulan dengan kawan kawan akhirnya curmot (curhat motor) ketemen saya yang bisa dibilang itu lah tempat persingghan terakhir hahhaha
di cek bareng om widi daus...kata om widi daus di cek satu1 per satu kabel bodi nya .akhirnya saya dan om widi  berserta asisten nya pun mencek satu satu ... kelistrikan jalur nya aman boss teriak om widi daus!!! lalu tertuju pada volt meter seng iseng di pindahkan ke motor lain tuh volt meter .... honda beat menjadi saksi hahahaha   clep.. joss .. trek ,,,, masang kabeh di motor beat dan di coba di nyalakan mesin ....walah moso aki ne ikut tekor wkwkwkwkwkw :D 8.5volt  padahal aki sehat standar... usut usut terus om widi pindahin lagi ke aki yang sehat hasilnya tadaaa  8.5 volt sama aja :D  hahahhaa....    akhirnya penyakit ketemu emang si volt meter yang bermasalah. padahal baru 2 minggu umurnya .. nah untuk kalian para autoners  bila terjadi kejadian seperti saya tadi cek juga prangkat tambahan aksesoris nya cek sana sini tau nya yang error malah aksesoris nya ... ngenes hehe... buat pelajaran aja dan itung2 pengalaman yang berguna di kemudian hari . special thanks to om Widi Daus berserta Team ... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar